Braided Bread

Standard

Siapa yang tidak suka roti??? Sebagian besar masyarakat kita pasti suka makan roti, untuk sarapan ataupun untuk sekedar cemilan. Ada berbagai macam variasi roti manis dari isi hingga topping. Salah satunya di beri topping vla dan di hias dengan buah-buahan segar. Mau mencoba buat sendiri nih saya ada resepnya dijamin mantab deh hasilnya…..

Bahan Braided Bread :

 375 gr
125 gr
10 gr
75 gr
40 gr
2.5 gr
7.5 gr
1 butir
240 gr
75 gr
Tepung protein tinggi
Tepung protein sedang
Ragi instant
Gula Pasir
Susu Skim
Bread Improver
Garam
Telur
Air es
Margarine

Bahan Vla :

 4 sdm
200 gr
3 sdm
1 sdm
1 sdm
1 sdt
200 gr
Maizena
Susu kental Manis
Gula Pasir
Custard
Mentega
Rum Pasta
Air

Cara membuat :

  1. Masukkan semua bahan kering ( tepung, ragi, gula pasir, susu skim, dan bread improver) kedalam mangkuk mixer, aduk hingga tercampur rata. Kemudian masukkan telur dan air perlahan sambil diaduk terus hingga adonan menggumpal dan gula pasir larut.
  2. Kemudian masukkan garam dan margarine aduk kembali hingga adonan benar-benar kalis.  Keluarkan adonan dari mangkok mixer dan istirahatkan kurang lebih 10 menit dan tutup dengan plastik.
  3. Bagi adonan dengan berat 60gr lalu bulatkan agar permukaannya halus pada hasil akhirnya. Istirahatkan lagi selama 10 menit.
  4. Ambil 1 bagian adonan gilas dengan roll pin kayu untuk menghilangkan gas yang ada pada adonan lalu bentuk kepang. Dan begitu seterusnya hingga adonan habis dibentuk.
  5. Susun di loyang yang sudah diolesi dengan pemoles loyang. Istirahatkan selama 90 menit hingga adonan cukup mengembang.  Oles dengan susu evap dan taburi dengan wijen bagian permukaannya pada menit ke 30.
  6. Panggang di oven pada suhu 180 derajat C selama 20 menit.
  7. Sementara menunggu roti matang vla bisa disiapkan,  cara membuat vla  : Campur semua bahan kecuali mentega aduk hingga larut kemudian masak dengan api kecil hingga mengental. Tambahkan mentega aduk hingga tercampur rata. Biarkan agak dingin kemudian tambahkan rum.
  8. Setelah roti matang biarkan hangat kemudian belah roti membujur atau sampingnya sesuai selera lalu isi dengan vla dan hias dengan buah kaleng atau buah segar.

About dapuryelia

Blog ini saya buat untuk memposting hobi saya membuat berbagai macam kue dan masakan serta berbagi cerita suka dan dukanya dalam proses pembuatannya. Akan saya tambahkan pula kamus bahan-bahan kue yang mungkin masih belum anda ketahui kegunaan dan dosis pemakaiannya. Untuk pertanyaan sekitar bahan dan proses pembuatannya silahkan tinggalkan komentar saya akan me -respon secepatnya terima kasih...... Selamat menikmati blog saya dan semoga bermanfaat....

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s